Mahasiswa KKN UPGRIS Berkolaborasi dengan KWT Puspitasari Sampangan Gelar Senam Lansia

03/03/2023 0 comments sampangan

 

Dalam rangka kegiatan KKN UPGIS Tahun 2023, mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 02 Sampangan Kota Semarang memiliki program kerja senam lansia.

Program kerja diselenggaraan atas kolaborasi atara KWT Puspitasari RW 03 Sampangan, mahasiswa KKN UPGRIS dan Dosen Pembimbing lapangan (Bertika Kusuma Prastiwi, M.Or).

 

Program kerja ini bertujuan untuk memberikan penguatan dan pentingnya lansia melakukan aktivitas olahraga yang sesuai dengan karakteristik lansia.

Kegiatan senam lansia ini dimulai dengan doa bersama terlebih dahulu, arahan pentingnya kesehatan dan kebugaran bagi lansia, cek denyut nadi sebelum senam.

Kegiatan senam lansia dimulai dari gerakan pemansan, inti dan pendinginan, dan cek nadi jantung setelah melakukan kegiatan.

Senam lansia dilakukan bersama-sama antara anggota KWT Puspitasari, mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 02 dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat di lapangan Balai RW 03 Sampangan selama mahasiswa melakukan KKN sebanyak empat kali pertemuan.

 

Senam lansia dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 07.00 WIB.

Kegiatan ini diharapkan menambah semangat para anggota KWT Puspitasari dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh melalui senam lansia, jelas Teo, sebagai penanggungjawab program bidang kesehatan dalam KKN di Kelurahan Sampangan.

Ia menambahkan bahwa olahraga itu tidak hanya dilakukan oleh anak-anak muda saja tetapi perlu juga dilaksanakan untuk lansia. Tujuannya menjaga kesehatan, kebugaran dan rasa gembira.

“Adanya senam lansia ini diharapkan lansia di KWT Puspitasari di Kelurahan Sampangan dapat memahami pentingnya olahraga utamanya senam lansia untuk meningkatkan kesehatan.

Dengan ini anggota KWT Puspitasari mengucapkan terimakasi kepada mahasiswa KKN UPGRIS yang telah melakukan kolaborasi” .

“Kegiatannya yang dilakukan mahasiswa KKN UPGRIS sangat bermanfaat mbak, dari antusias anggota KWT Puspitasari Sampangan, bisa digunakan sebagai kegiatan untuk meningkatkan kesehatan lansia dan rasa gembira,” jelas Ibu Ariyani, sebagai ketua KWT Puspitasari Kelurahan Sampangan.(*)